TIPS : Membersihkan karat pada mobil / sepeda motor

Share:

Karena sebagian besar komponen kendaraan terbuat dari besi, karat adalah salah satu momok yang mengganggu. Karat bisa merusak estetika dan fungsi komponen kendaraan, tetapi bukan berarti tidak bisa dihilangkan.

Selain membawa mobil ke bengkel perbaikan bodi, para pemilik kendaraan bisa menghemat biaya dengan menghilangkannya sendiri. Terutama jika bagian yang berkarat adalah komponen yang kecil dan mudah dijangkau, atau hanya sedikit bagian di bodi luar.

Pada dasarnya, menghilangkan karat pada mobil ataupun motor sama dengan mengikis karat dari logam lainnya. Anda hanya butuh beberapa alat dan bahan sederhana, serta, tentu saja, waktu luang untuk melakukannya.

Berbagai cara menghilangkan karat dituliskan Wikihow, salah satu caranya adalah merendam logam yang berkarat dalam cuka, setelahnya kikis karat dengan bahan halus.

Tentu saja sulit untuk merendam kendaraan ke dalam cuka. Oleh karena itu Mobilku.orgmenjelaskan bagaimana cara menghilangkan karat yang menempel pada kendaraan Anda.

Berikut petikannya.

Karat pada eksterior dan interior mobil

Untuk membersihkan eksterior mobil dari karat, sediakan beberapa alat dan bahan yang mudah didapat, seperti kertas ampelas halus ukuran 150 dan kertas ampelas kasar ukuran 400, sikat, lap, cairan pembersih karat, air, dan deterjen.bi71o5pbk1p

Cara melakukannya:

  1. Gosok bagian yang berkarat dengan kertas ampelas kasar sampai terlihat bersih, lalu bilas dengan air dan deterjen.
  2. Setelah kering, gosok kembali bagian tersebut dengan ampelas halus hingga benar-benar bersih.
  3. Gunakan cairan pembersih karat, atau cairan asam seperti air jeruk nipis atau cuka, untuk kembali membersihkan bagian tersebut, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.
  4. Kemudian, apabila diperlukan Anda bisa mengecat bagian itu dan melapisinya dengan pelindung antikarat. Jika tidak, Anda bisa hanya melapisi bagian tersebut dengan cairan antikarat yang bisa dibeli di bengkel-bengkel kendaraan.

Sementara, bagian interior mobil yang biasanya cepat berkarat adalah baut dan mur.

Jika bagian yang berkarat kecil dan mudah dilepas, sebaiknya dilepas lalu direndam ke cairan pembersih karat atau cairan asam. Apabila sulit dilepas, Anda bisa menggosok bagian tersebut dengan cairan pembersih menggunakan sikat gigi, lalu dilap.

Karat pada motor bisa dihilangkan dengan cara yang sama seperti di atas.

Karat pada knalpot motor

Bagian motor yang rentan berkarat adalah knalpot karena terletak di bawah sehingga kerap kena cipratan air.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan karat pada knalpot. Viva.co.id dan Merdeka.com memberi tip yang serupa.

Pertama, sediakan bahan-bahan untuk membersihkannya, yaitu oli bekas, kuas, pisau tumpul, amplas kasar, dan cairan pembersih kloset.

Setelah bahan-bahan siap, hidupkan mesin motor selama 10-15 menit, lalu dengan kondisi mesin menyala, oleskan oli ke seluruh bagian knalpot. Ulangi proses ini hingga empat kali.

Kemudian matikan mesin dan kerok bagian yang berkarat menggunakan pisau tumpul. Setelah bersih dari karat, segera siram dengan cairan pembersih kloset, diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Langkah terakhir adalah mengampelas bagian tersebut hingga benar-benar bersih.

Cara lain, terutama untuk knalpot yang sudah dilapisi krom, menurut jadiBersih.comadalah dengan menggunakan pasta gigi. Tinggal oles bagian yang berkarat, diamkan beberapa saat, lalu gosok dengan lap hingga bersih. Ulangi langkah itu beberapa kali jika dirasa kurang bersih.

Berbagai Sumber

cooltext201547153945512

Share:

Leave a reply